Running Scout Challenge

Running Scout Challange merupakan salah satu kegiatan tantangan yang diadakan oleh Gugus Depan Pramuka SMPN 7 Bekasi untuk peserta didik. Peserta harus menyelesaikan tugas dan tantangan yang diberikan bersama dengan kelompoknya. Kelompok yang menyelesaikan tugas paling baik akan menjadi pemenang. Sebelumnya, beberapa tahun lalu kegiatan ini pun sudah pernah dilaksanakan. Namun, kini kegiatan tersebut diadakan kembali dengan konsep yang lebih unik dan diberi nama “Running Scout Challange”.

TUJUAN

  • Meningkatkan penalaran dan ide kreatif peserta didik
  • Menumbuhkan rasa kerja sama dan kekompakan antar sesama

TEKNIS KEGIATAN

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak. Titik awal dimulai dari SMPN 7 Bekasi dan berakhir di Alun-alun Kota Bekasi. Peserta mendapatkan clue yang harus dipecahkan untuk dapat melaksanakan tugasnya. Setelah menyelesaikan tugas peserta memberikan foto dokumentasi untuk mendapatkan clue selanjutnya dengan melaporkannya melalui smartphone kepada pembina. Tempat untuk melaksanakan tugas yang sudah diberikan pun tidak sama, alias berpindah-pindah.

Misal : Tugas A, peserta didik mendapatkan tugas untuk mampir dan mencari informasi seputar donor darah ke tempat Palang Merah Indonesia berdasarkan clue yang sudah diberikan, dari SMPN 7 Bekasi, peserta bergerak ke tempat PMI yang dimaksud dan menjalankan tugasnya, lalu melaporkannya kepada Pembina untuk diberikan arahan selanjutnya. Begitu seterusnya sampai selesai.

Lokasi yang kemarin menjadi tempat Running Scout Challenge ini adalah :

  1. SMPN 7 Bekasi
  2. Bekasi Cyber Park
  3. POLRES Bekasi
  4. PMI Kota Bekasi
  5. Alun-alun Kota Bekasi
  6. Pasar Swalayan (Perbelanjaan)

*). Lokasi yang dikunjungi ditentukan oleh Pembina dan Team-nya, yang jelas harus bermanfaat dan mengandung pendidikan.

*). Sepanjang perjalanan, peserta didik dalam pengawasan Pembina karena ada Pembantu Pembina yang cukup banyak.

*). Lokasi Pasar Swalayan bertujuan untuk memastikan peserta didik tidak dalam keadaaan perut kosong, bukan mengajarkan mereka untuk boros. (Makan siang punya waktu dan tempatnya sendiri)

Bagaimana kak?! seru kan… hhe. Nanti kan keseruan berikutnya hanya di rakarapati.org, stay tune here!

Bagikan Post Ini Melalui >>>

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *